• Selasa, 4 Oktober 2022

Berikut 10 Pondok Pesantren Terbesar di Indonesia

- Minggu, 29 Mei 2022 | 14:42 WIB
images (9)
images (9)

JAMBISIBER.COM - Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa pesantren itu bersifat kuno, radikal dan sebagainya. Namun, faktanya banyak orang yang berhasil dan sukses berasal dari lulusan pesantren.

Pondok pesantren sendiri dijadikan sebagai wadah pendidikan yang memiliki kurikulum serta sistem terbaik. Sehingga di dalamnya, tak hanya mempelajari tentang ilmu-ilmu ukhrawi, namun juga mempelajari ilmu-ilmu duniawi.

Tak dipungkiri, jika pondok pesantren menjadi pilihan beberapa oarng tua untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anaknya, terutama tentang agama.

Jika dahulu pesantren identik dengan hal-hal tradisional, saat ini banyak pesantren unggulan yang sudah berkembang baik dari segi arsitektur bangunan sampai teknik mengajar para santrinya.

Nah sebagai contoh, berikut 10 pesantren terbesar di indonesia yang sudah dirangkum Parboaboa!

1. Pondok Pesantren Mahad Az-Zaytun (Indramayu)

Ma'had Al-Zaytun merupakan sebuah Pondok pesantren yang berada di desa Mekar Jaya, kecamatan Gantar, kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Pesantren yang didirikan pada 13 Agustus 1996 ini menjadi pesantren terbesar di Indonesia, bahkan diketahui terbesar se-Asia Tenggara menurut Washington Times. Pesantren ini memiliki luas lebih dari 2000 hektar dan diperkirakan mampu mendidik sekitar 10.000 santri, mulai dari sekolah dasar, hingga perguruan tinggi. Tak hanya itu, pesantren ini juga diketahui memiliki dua mesjid yang masing-masing mampu menampung sekitar 100.000 dan 7000 jemaah.

2. Pondok Pesantren Modern Gontor (Ponorogo)

Pesantren yang berada di Ponorogo, Jawa Timur ini adalah salah satu pesantren terbesar yang ada di Indonesia. Pesantren ini sudah berdiri sejak 10 April 1926 oleh tiga bersaudara dari putra Kiai Santoso Anom Besari, yaitu KH Zainudin Fananie, KH Ahmad Sahal, dan KH Imam Imam Zarkasy. Pondok pesantren Gontor diketahui memiliki jumlah santri sekitar 25.000 orang. Pesantren yang dikenal dengan kedisiplinanya, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat ini merupakan pelopor keberadaan pesantren modern, yang ada di tanah air.

Halaman:

Editor: Redaksi

Terkini

X