• Selasa, 4 Oktober 2022

Cek Plat Nomor Mobil dan Motor di Jambi Gampang, Ini Caranya ?

- Jumat, 15 Juli 2022 | 07:48 WIB
GridArt_20220715_144452254
GridArt_20220715_144452254

JAMBISIBER.COM - Cek plat nomor mobil dan Sepeda Motor di Jambi bisa dilakukan dengan cara mudah. Pilihannya antara lain melalui aplikasi, situs web resmi Samsat, atau SMS. Nama pemilik kendaraan bisa diketahui dengan catatan tertentu.

Setiap kendaraan yang beredar di jalan raya pastinya memiliki plat nomor atau nomor polisi. Tak sembarangan, nomor polisi dikeluarkan dengan aturan tertentu yang mengandung kode-kode khusus di dalamnya.

Misalnya, di wilayah Jambi setiap mobil penumpang akan memiliki nomor polisi diawali angka 1. Hal itu disebabkan jatah nomor bagi kendaraan semacam itu adalah 1—1999. Beda hal dengan sepeda motor yang jatahnya lebih banyak, 2—6999.

Lalu setiap nomor polisi akan diapit kode huruf di depan dan belakangnya. Kode huruf di depan menandakan daerah asal kendaraan tersebut.

Pada umumnya kode huruf di belakang plat nomor juga menandakan daerah asal kendaraan, tapi dalam cakupan yang lebih spesifik, misalnya Kota Jambi, Batang Hari, Bungo, Tanjab Barat atau Kerinci.

Namun, terkadang kode huruf di belakang juga menandakan kendaraan para pejabat, seperti yang bisa ditemui pada kode RFS, RHP, RFD, dan lainnya. Selain itu, kendaraan plat hitam dengan nomor polisi sementara biasanya ditemui dengan kode huruf SS di belakangnya.

Dari suatu nomor polisi kendaraan, seseorang bisa mendapatkan sejumlah informasi yang berguna. Hal tersebut utamanya terkait pajak kendaraan.

Namun, jangan berharap banyak jika ingin mengetahui identitas pemilik kendaraan atau alamatnya. Secara logika akses terhadap informasi-informasi semacam itu tentunya akan dibatasi demi privasi.

Lebih lengkap mengenai cara cek plat nomor mobil dan sepeda motor di daerah Jambi dapat disimak di bawah ini.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X