• Selasa, 27 September 2022

Raja Sulaiman Perintahkan Abu Nawas Pindahkan Istana ke Atas Gunung, Ini Jawaban Cerdiknya

- Kamis, 8 September 2022 | 13:42 WIB
Ilustrasi Kisah Abu Nawas (Tangkap Layar Youtube / Doa Ibu Guru)
Ilustrasi Kisah Abu Nawas (Tangkap Layar Youtube / Doa Ibu Guru)

 

JAMBISIBER.COM - Baginda Raja baru saja membaca kitab tentang kehebatan Raja Sulaiman yang mampu memerintahkan, para jin memindahkan singgasana Ratu Bilqis di dekat istananya.

Baginda tiba-tiba merasa tertarik. Hatinya mulai tergelitik untuk melakukan hal yang sama. Mendadak beliau ingin istananya dipindahkan ke atas gunung agar bisa lebih leluasa menikmati pemandangan di sekitar.

Dan bukankah hal itu tidak mustahil bisa dilakukan karena ada Abu Nawas yang amat cerdik di negerinya.

Baca Juga: Gara-gara Raja Salah Tafsir Mimpi, Abu Nawas Gusar, Bikin Hancur Berantakan

Tanpa membuang waktu Abu Nawas segera dipanggil untuk menghadap Baginda Raja Harun AI Rasyid.

Setelah Abu Nawas dihadapkan, Baginda bersabda, "Abu Nawas engkau harus memindahkan istanaku ke atas , gunung agar aku lebih leluasa melihat negeriku?" tanya Baginda sambil melirik reaksi Abu Nawas.

Abu Nawas tidak langsung menjawab. la berpikir sejenak hingga keningnya berkerut. Tidak mungkin menolak perintah Baginda kecuali kalau memang ingin dihukum.

Baca Juga: Cerita Abu Nawas: Jawaban Abu Nawas Bikin Raja Heran, Oh Ternyata Ini

Akhirnya Abu Nawas terpaksa menyanggupi proyek raksasa itu. Ada satu lagi,permintaan dari Baginda, pekerjaan itu harus selesai hanya dalam waktu sebulan. Abu Nawas pulang dengan hati masgul.

Setiap malam ia hanya berteman dengan rembulan dan bintang-bintang. Hari-hari dilewati dengan kegundahan. Tak ada hari yang lebih berat dalam hidup Abu Nawas kecuali hari-hari ini. Tetapi pada hari kesembilan ia tidak lagi merasa gundah gulana.

Keesokan harinya Abu Nawas menuju istana. la menghadap Baginda untuk membahas pemindahan istana. Dengan senang hati Baginda akan mendengarkan, apa yang diinginkan Abu Nawas.

"Ampun Tuanku, hamba datang ke sini hanya untuk mengajukan usul untuk memperlancar pekerjaan hamba nanti." kata Abu Nawas.

"Apa usul itu?"
"Hamba akan memindahkan istana Paduka yang mulia tepat pada Hari Raya Idul Qurban yang kebetulan hanya kurang dua puluh hari lagi."

Halaman:

Editor: Ahmad Roni

Sumber: Kisah 1001 Malam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X