• Selasa, 27 September 2022

Curang Dibalas Curang, Niat Baik Abu Nawas Kepada Pemuda Mesir

- Sabtu, 10 September 2022 | 21:21 WIB
Ilustrasi Kisah Abu Nawas. Saat membantu pemuda Mesir yang dicurangi. (Tangkap layar/YouTube Lensa Aswaja)
Ilustrasi Kisah Abu Nawas. Saat membantu pemuda Mesir yang dicurangi. (Tangkap layar/YouTube Lensa Aswaja)

JAMBISIBER.COM - Pada suatu sore, ketika Abu Nawas sedang mengajar murid-muridnya. Ada dua orang tamu datang ke rumahnya. Yang seorang adalah wanita tua penjual kahwa (kopi) sedang satunya lagi adalah seorang pemuda berkebangsaan Mesir.

Wanita tua itu berkata beberapa patah kata kemudian diteruskan dengan si pemuda Mesir. Setelah mendengar pengaduan mereka, Abu Nawas menyuruh murid-muridnya menutup kitab mereka.

"Sekarang pulanglah kalian. Ajak teman-teman kalian datang kepadaku pada malam hari ini sambil membawa cangkul, penggali, kapak dan martil serta batu."

Baca Juga: Raja Sulaiman Perintahkan Abu Nawas Pindahkan Istana ke Atas Gunung, Ini Jawaban Cerdiknya

Murid-murid Abu Nawas merasa heran, namun mereka begitu patuh kepada Abu Nawas. Dan mereka merasa yakin gurunya selalu berada membuat kejutan dan berada di pihak yang benar.

Pada malam harinya mereka datang ke rumah Abu Nawas dengan membawa peralatan yang diminta oleh Abu Nawas. Berkata Abu Nawas,"Hai kalian semua! Pergilah malam hari ini untuk merusak Tuan Kadi yang baru jadi." "Hah? Merusak rumah Tuan Kadi?" gumam semua muridnya keheranan.

"Apa? Kalian jangan ragu. Laksanakan saja perintah gurumu ini!"kata Abu Nawas menghapus keraguan murid-muridnya. Barang siapa yang mencegahmu, jangan kau perdulikan, terus pecahkan saja rumah Tuan Kadi yang baru. Siapa yang bertanya, katakan saja aku yang menyuruh merusak. Barang siapa yang hendak melempar kalian, maka pukullah mereka dan lemparilah dengan batu."

Baca Juga: Gara-gara Raja Salah Tafsir Mimpi, Abu Nawas Gusar, Bikin Hancur Berantakan

Habis berkata demikian, murid-murid Abu Nawas bergerak ke arah Tuan Kadi. Laksana demonstran mereka berteriak-teriak menghancurkan rumah Tuan Kadi.

Halaman:

Editor: Ahmad Roni

Sumber: Kisah 1001 Malam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X