• Senin, 3 Oktober 2022

Kisah Anak Durhaka yang Dikutuk Ibunya Jadi Batu, Legenda Batu Menangis dari Kalimantan Barat

- Senin, 8 Agustus 2022 | 14:52 WIB
Anak-gadis-yang-tidak-mengakui-ibunya-dalam-legenda-batu-menangis-800x981-1
Anak-gadis-yang-tidak-mengakui-ibunya-dalam-legenda-batu-menangis-800x981-1

JAMBISIBER.COM - Sepertinya legenda batu menangis merupakan cerita nusantara yang sudah banyak dikenal dan berasal dari Kalimantan Barat. Cerita tersebut berkisah tentang laknat tuhan yang diberikan ada anak yang durhaka kepada ibunya. Agar lebih jelas, yuk simak ulasan lengkap tentang alur cerita legenda batu menangis sebagai berikut.

Darmi Anak yang Pemalas

Di sebuah desa di Kalimantan barat hiduplah sepasang orang tua yang tinggal bersama dengan anaknya yang bernama Darmi. Mereka mencukupi kebutuhan sehari hari dengan bertani. Meskipun sedikit sulit, mereka masih bisa tidur dengan nyaman di rumah yang sederhana dan juga makan dengan hasil panen yang melimpah.

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas, Memindahkan Istana ke Atas Gunung

Keadaan mereka menjadi sulit saat ayah dari Darmi meninggal dunia. Ibu Darmi lah yang bekerja di sawah dan bahkan hanya mendapat upah harian sebagai buruh tani yang tidak seberapa. Meskipun melihat sang ibu kesulitan, Darmi tidak pernah membantunya sedikitpun. “Darmi ayo bantu ibu di sawah karena banyak yang harus dikerjakan.” Pinta sang ibu.

Darmi pun menjawab menjawab bahwa dirinya tidak ingin berangkat ke sawah. Meskipun sang ibu sudah memohon berkali kali, namun tetap saja jawabannya tidak berubah. Ia memang terkenal keras kepala dan sulit untuk dibujuk. Meskipun sudah tahu bahwa anaknya akan bersikap demikian, namun ibu Darmi tetap sedih dan terluka.

Darmi sangat rajin mempercantik diri dan mengagumi pantulan wajahnya di cermin. Warga desa pun sudah banyak yang membicarakan kecantikan wanita muda itu. Namun sayangnya, sifat Darmi tidak secantik wajahnya. Mungkin alasan itulah yang membuat Darmi tidak banyak mendapatkan simpati dari para tetangga. Dirinya pun terkenal sombong dan suka pamer.

Permintaan Darmi Yang Membuat Ibunya Susah

Suatu hari, Darmi meminta uang pada ibunya untuk membeli peralatan kecantikan. “Bu, uang hari ini Darmi pakai ya. Peralatan kecantikanku habis jadi aku tidak bisa bersolek.” Ibu pun menjawab “Tapi nak, uang ini hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari saja, jika kamu menggunakannya, nanti kita harus makan apa?”. Setelah mendengar itu, Darmi tidak bergeming.

Halaman:

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

X